Selasa, 19 Januari 2010

ANOVA LINA HILSA F

NAMA : LINA HILSA FUJIATIN
NIM : 080131
KELAS/SMT : REGULER/ III-B



Analisis Output
ANALISIS VARIAN
Dilakukan penelitian untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan menguasai materi untuk mata kuliah Kimia dasar, Kimia organik , dan Matematika dasar 1.Pengukuran menguasai materi dilakukan dengan pengamatan terhadap nilai-nilai yang diperoleh mahasiswa, Jumlah sampel mahasiswa untuk masaing-masing mata kuliah sebanyak 30 orang.Nilai yang diamati merupakan nilai akademik mahasiswa pada semester 1 untuk kimia dasar dan matematika dasar 1 dan pada semester 2 untuk kimia organik.
Data hasil pengamatan disajikan pada tabel di atas.
Pengajuan Hipotesis:
Ho : Tidak terdapat perbedaan kemampun menguasai materi yang significant diantara tiga mata kuliah yang terdiri dari Kimia dasar, Kimia organik , dan Matematika dasar 1.
Ha : Terdapat perbedaan kemampun menguasai materi yang significant diantara tiga mata kuliah yang terdiri dari Kimia dasar, Kimia organik , dan Matematika dasar 1.
Tabel 1
One way


Statistik deskrptif merupakan deskripsi variabel-variabel yang di analisis. Jumlah mahasiswa yang diamati pada masing-masing mata kuliah sebanyak 30 orang. Pada nilai 1.00 (kimia dasar ) memiliki nilai rata-rata 2.7333, standar deviasi 0.69149, standar kesalahan 0.12625 dengan nilai minimum 2.00 dan maximum 4.00. Pada nilai 2.00 (kimia organic) memiliki nilai rata-rata 2.4333. standar deviasi 0.62606, standar kesalahan 0.11430 dengan nilai minimum 2.00 dan maximum 4.00. Pada nilai 3.00 (matematika dasar 1) memiliki nilai rata-rata 2.4333, standar deviasi 0.72793, standar kesalahan 0.13290 dengan nilai minimum 1.00 dan maximum 4.00.


Tabel 2



Test Homogenitas varians kemampuan menguasai materi untuk maya kuliah menunjukan tidak homogen. Diperoleh F hitung sebesar 0.391 dengan penyebut (df1) = 2 dan pembilang (df2) = 87 pada signifikasi 0.678 (bila signifikasi di atas 0.05 maka data homogen)
Untuk menguji homogenitas varians dapat dibandingkandengan tabel , dengan df1 = 2 dan df2 = 87 dengan taraf kesalahan yang diambil adalah 5%..Ketentuan yang digunakan apabila F hitung < F tabel data homogen. Jadi 0.678>0.05, dengan demikian data homogen.

Tabel 3



Jumlah kuadrat antara groups (combined) sebesar 1.800 dan rata-rata kuadrat 0.900 dengan F hitung 1.929 dan signifikasi 0.152, linear Term (contrast) sebesar 1.350 dan rata-rata kuadrat 1.350 dengan F hitung 2.893 dan signifikasi 0.093, linear Term ( Devition ) sebesar 0.450 dan rata-rata kuadrat 0.450 dengan F hitung 0.964 dan signifikasi 0.329. Jumlah kuadrat diantara groups sebesar 40.600 dan rata-rata kuadratnya 0.467.
Besarnya F hitung total adalah 5.786 dengan signifikansi 0.574 maka Ha ditolak dan Ho diterima( signifikansi diatas 0.05). Kesimpulannya tidak terdapat perbedaan yang signifikant antara kemampuan menguasai materi pada mata kuliah Kimia dasar, Kimia organik , dan Matematika dasar 1.

Tabel 3


* The mean difference is significant at the .05 level

Perbandingan Kemampuan menguasai materi 1(kimia dasar) dengan materi 2(kimia organic) Perbedaan rata-ratanya = 0.3, standar kesalahan 0.17638, signifikansi 0.093. kesimpulannya tidak ada perbedaan rata-rata kemampuan menguasai materi antara materi 1(kimia dasar) dengan materi 2(kimia organic) ( Ha di tolak dan Ho di terima bila signifikan di atas 0.05) perbandingan kemampuan menguasai materi antara materi 1 (kimia dasar ) dengan materi 3 (matematika dasar 1) , perbedaan rata-rata = 0.3, standard kesalahan 0.17638, signifikansi 0.093. kesimpulannya tidak ada perbedaan rata-rata kemampuan menguasai materi antara materi 1(kimia dasar) dengan materi 3(matematika dasar 1). perbandingan kemampuan menguasai materi antara materi 2 (kimia organik) dengan materi 1(kimia dasar) perbedaan rata-rata -0.3, standard kesalahan 0.17638, signifikansi 0.093. kesimpulannya tidak ada perbedaan rata-rata antara materi 2 (kimia organik) dengan materi 1(kimia dasar).Kesimpulannya, tidak ada perbedaan yang signifikan rata-rata kemampuan menguasai materi antara materi 1(kimia dasar),materi 2(kimia organic)&materi 3 (matematika dasar 1). pada Post Hoc, variabel yang signifikan ditandai dengan tanda bintang.


Means Plot

Tidak ada komentar:

Posting Komentar