Selasa, 19 Januari 2010

NAMA : MUTMAINAH
NIM : 080630
KLS/SMT :3B

Analisis faktor adalah alat analisis statistik yang dipergunakan untuk mereduksi faktor-faktor yang mempengaruhi suatu variabel menjadi beberapa set indikator saja, tanpa kehilangan informasi yang berarti.
Analisis faktor digunakan untuk penelitian awal di mana faktor-faktor yang mempengaruhi suatu variabel belum diidentifikasikan secara baik (explanatory research). Selain itu, analisis faktor juga dapat digunakan untuk menguji validitas suatu rangkaian kuesioner. Sebagai gambaran, jika suatu indikator tidak mengelompok kepada variabelnya, tetapi malah mengelompok ke variabel yang lain, berarti indikator tersebut tidak valid.



Dalam pengamatan tentang factor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan atau kepandaian pada kelas 3B dengan format seperti bi bawah ini
belajar : sangat setuju 9 8 7 6 5 4 3 2 1 tidak setuju
asumsi makanan : sangat setuju 9 8 7 6 5 4 3 2 1 tidak setuju
keluarga : sangat setuju 9 8 7 6 5 4 3 2 1 tidak setuju
teman : sangat setuju 9 8 7 6 5 4 3 2 1 tidak setuju
pacar : sangat setuju 9 8 7 6 5 4 3 2 1 tidak setuju
Factor Analysis





Dari output di atas dapat di ketahui bahwa ada beberapa pengaruh dalam kecerdasan yakni:
Rata-rata semua orang maengatakan bahwa dalam proses terbentuknya kecerdasan atau kepandaian factor pentingnya adalah masaah banyak atau tidaknya seseorang tersebut belajar, yakni rata-rata belajar mencapai 6.3667 dgn std deviation 1.71169, sedangkan asumsi makanan berkisar 5.7333 dengan std devition 2.08332, sedangkan factor keluarga berkisar 3.8333 dengan std deviation 1.93129, sedangkan factor teman 3.5333 dengan std devition 2.01260, sedangkan factor pacar sangat sedikit yakni 2.7000 dengan std devition 1.39333





Dari output di atas menurut metode anti-image matrice bahwa rata-rata yang sangat mempengaruhi dalam kecerdasan itu adalah factor belajar dan yang paling kecil adalah factor teman







Tidak ada komentar:

Posting Komentar